Pasca Pergeseran Kutub : Keruntuhan Peradaban Modern

Baca juga:

Kehancuran Kota-Kota 
Terjemahan bebas ZetaTalk: Devastated Cities, Note: written prior to July 15, 1995

Cerita-Cerita tentang Benua Atlantis, yang tak pernah ditemukan, didukung oleh mitos-mitos tentang hancurnya kota-kota besar secara tiba-tiba oleh air laut yang naik. Hal ini tentu saja terjadi secara ekstensif di seluruh dunia setiap kali ada pergeseran kutub.
Kota pada utamanya dibangun di pesisir-pesisir pantai dan tepi-tepi sungai-sungai besar, dimana kemudahan mendapat ikan dan transportasi berlimpah. Ketika gelombang-gelombang laut pasang masif menerjang maju-mundur, kota-kota ini memang tergelincir masuk ke bawah air laut yang naik dan benar-benar dibinasakan. 
Kota-kota hancur, total. Bangunan-bangunan yang masih ada tidak diperbaiki, karena tak ada tangan-tangan yang melakukannya. Bangunan-bangunan itupun menjadi puing-puing karena cuaca, batunya tererosi dan tertutup oleh debu vulkanik yang bertiup dan, akhirnya, oleh tanaman yang membusuk karena hujan yang tak ada hentinya menjadikan debu vulkanik tanah yang mengundang. 
Di dataran utama Cina terdapat peninggalan-peninggalan peradaban-peradaban kuno, dan cerita-ceritanya dalam kejayaan masa lalu sepertinya melampaui para petani sederhana sekarang ini. Adakah dulu peradaban besar yang runtuh? 
Ya, sebagaimana semua benua selama pergeseran kutub, kerusakannya luar biasa parahnya sehingga kota-kota pada dasarnya runtuh menjadi debu. Namun perkembangan mereka dulu tidak lebih mengesankan ketimbang yang ada sekarang ini.
Tentu saja ada tempat-tempat dimana sekarang ini hanya merupakan sebuah desa, yang para penduduknya hampir-hampir tak bisa melakukan apapun selain berladang untuk mempertahankan hidup. 
Dan jika ada jejak-jejak yang mengindikasikan sebuah kota besar yang dulu pernah berdiri di dekatnya, orang dapat menyimpulkan bahwa umat manusia telah jatuh. Namun, setelah pergeseran kutub, ada sedikit saja para orang yang selamat yang bermigrasi secara teratur, terus-menerus, yang berupaya mencari tempat aman dari awan vulkanik dan curah hujan yang konstan dimana-mana. Tentu saja para orang yang selamat itu menghilang. Mereka pergi ke tempat lain.

Terhentinya Era Industri Modern
Terjemahan bebas ZetaTalk: Machine Age, Note: written on Apr 15, 1999.

Pertimbangkan apa yang diperlukan untuk menjalankan rata-rata mesin pabrik, yang menjalankan mesin-mesin berat.
Roda gigi, lempengan logam -- semuanya tampak cukup kokoh. Katakanlah ada bangunan yang tetap berdiri setelah pergeseran kutub, setelah dimodifikasi untuk bertahan serta dikencangkan, dan mesin itu sendiri cukup bertahan lama. 
Ada bagian-bagiannya yang memang rusak, namun orang masih bisa menggantinya, lalu mengapa tidak dapat lagi beroperasi?
Ada faktor-faktor dalam skenario ini yang tidak dipertimbangkan.
Seluruh bagian-bagian kecil yang diperlukan, lubricant (minyak pelumas) maupun zat aditif, tidak akan tersedia.  
Kebanyakan lubricant itu diperlukan, untuk menjaga keseimbangan kimiawi tertentu, kalau tidak, akan terjadi pengkaratan. Tanpa lubricant-lubricant itu, bagian-bagian mesin akan hangus terbakar atau aus, dan Anda tidak bisa begitu saja menuangkan air atau bahan kimia apapun--Anda butuh bahan kimia tertentu. 
Industri kimia akan terkena dampak yang sangat keras, karena banyak dari toko-toko mereka yang menjual cairan akan meledak, tersemprot, dan menguap, sehingga memerlukan bahan-bahan khusus untuk menciptakannya kembali dari awal.
Maka Anda akan harus membuat back up, tanpa ada habisnya. Dan, setiap kali ada kerusakan dalam mata rantai itu, maka rantainya akan putus dan berpengaruh pada semuanya hingga ke bawah. Maka semua itu merembet sepanjang rantai, ke bawah. 
Bahkan kerusakan mungil dari suatu bagian dapat menghentikan prosesnya, karena, mungkin, ada suatu logam tertentu atau logam campuran tertentu yang akan diperlukan. Tanpa itu, suatu fungsi tertentu tidak akan terjadi, suatu denyut listrik tidak akan terjadi, atau pengetsaan tidak akan terjadi. Jika logam campuran itu tidak ada, maka seluruh bagian mesin akan tidak terpakai, dan, pendek kata, tidak efektif.
Dan, jika tidak efektif, buat apa mempertahankannya. Apa motivasinya untuk tetap tinggal dan merawat pabrik ini? Siapa yang akan memberi makan para pekerja, atau membayar gaji mereka? Pendek kata, tidak ada aliran uang.
Jembatan-jembatan runtuh. Jaringan listrik rusak. Pemerintah dalam keadaan chaos, tiarap berdempet-dempetan, mabuk-mabukan, dan saling membahas. Para pekerja tidak datang dari kesetiaan, yang kelaparan setengah mati, untuk menjaga agar kucing-kucing gemuk korporasi tetap dapat berbisnis. Mereka pergi, mencoba mencari makan untuk diri mereka sendiri.
Jika industri kehilangan para ahlinya, apa yang akan terjadi?
Industri apapun yang mendapati bahwa para pekerjanya yang ahli tidak lagi ada akan gagal! Ini fakta umum, dan satu alasan yang membuat para imigran datang ke AS---berpendidikan dan memiliki set keahlian dianggap kebutuhan. 
Negara-negara dunia ke-3 bahkan tidak dapat mulai kecuali mereka memiliki set keahlian terdidik ini. Jika pabrik mati, karena para pekerja merasa lebih penting memberi makan keluarga ketimbang menjaga para bos mereka yang berkuasa, lalu siapa yang akan menjalankan pabrik?
Karena alasan-alasan itulah industri tidak akan berjalan--akan terbengkalai.
Ada kota-kota yang ditemukan di Amerika Tengah dan di Cina, yang berada di bawah hutan-hutan rimba atau di bawah pasir-pasir yang bergerak, tanpa ada penjelasan tentang kemana perginya para penduduknya.
Kota-kota ini tadinya besar dengan anak-anak tangga yang megah. Mereka memiliki irigasi--air yang mengalir melewati kota--lalu mengapa dapat kolaps? Apakah karena wabah penyakit? Apakah karena bencana kekeringan yang parah? Apakah ada yang datang lalu membantai mereka semua?
Semua itu adalah sisa-sisa pergeseran kutub, dimana peradaban-peradaban besar telah runtuh di jaman dahulu. Para survivor berkeliaran, untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Mereka sering kali kebingungan, karena tidak tahu apa yang telah menimpa mereka. Mereka merasa pasti bahwa itu kejadian lokal saja. Maka pergilah mereka untuk mencari dimana matahari sedang bersinar dan tanaman-tanaman padi-padian sedang tumbuh. Mereka semua berkeliaran.

Maka, industri-industri Anda akan terbengkalai, karena alasan-alasan itu.