ZetaTalk: Mari Tinggal di Kapal


Sudah terlalu sering ZetaTalk mewanti-wanti orang untuk mempersiapkan diri untuk tinggal di kapal. Membuat rumah kapal adalah urusan yang sangat serius kalau orang tidak mau berakhir menjadi seperti para imigran yang tersia-sia di laut dalam kapal boat yang penuh sesak dan beresiko tinggi.
Memang tidak mudah membuatnya, apalagi bagi kita yang belum pernah membuatnya. Tapi ini bukannya tidak mungkin, karena orang mau tak mau harus membuatnya--ada kemauan keras sekali--biarpun dari barang-barang rongsokan, sebagaimana telah banyak dilakukan orang di dunia dalam antisipasi dampak era Akhir Jaman. [Lihat macam-macam rumah kapal di laman Home Alih Jaman ini.]
Ini kalau tidak mau terjebak tiba-tiba akibat banjir bandang dan tidak tahu harus menetap dimana hingga waktu yang tidak dapat ditentukan. 
Dan hal ini telah diingatkan lagi di akhir 2013 [Baca: Bangunlah Rumah Perahu Sekarang dan Crop Circle Jogotirto].
Orang dapat melihat atau mengalami sendiri contoh kira-kira kira-kira kondisinya ketika banyak sekali wilayah di Indonesia mengalami banjir parah, seperti misalnya pada 2014, atau cuaca ekstrim pada 2013.
Laporan Banjir Indonesia Januari 2014
Banjir, Rekor Dunia Pecah, Per Agustus-Septermber 2014
Status Pergerakan Lempeng Tahap 7 Per Januari 2014
Cuaca/Musim Ekstrim Global Januari 2013 
Salju di Mesir dan Vietnam, Cuaca Ekstrim Des. 2013
Ini baru rasa awal, sedangkan Lempeng Sunda sedang menanti pengomplitan pengamblesannya, serta kondisi-kondisi saat dan setelah Pergeseran Kutub. . [Baca: Ketika Suatu Bagian Lempeng Sunda Bengkok dan Patah]

[Grup Kecil]
Membangun rumah kapal dalam grup kecil atau grup-grup kecil yang saling bekerja sama, dengan masing-masing grup memiliki rumah kapal kecil sendiri sehingga lebih mudah ditarik ketika dibutuhkan, akan mengurangi beban pikiran dan mental. [Lihat macam-macam rumah kapal di laman Home Alih Jaman ini.]
Apapun langkah itu, bahkan kalau belum mampu, setidaknya bisa dimulai sejak sekarang di tahap rencana (umum atau detil) dan antisipasi material apa yang akan dipakai di lokasi pembuatan. 
[Referensi]
Berikut adalah website rujukan ZetaTalk untuk belajar membuat rumah kapal: buildahouseboat.com. Dan berikut ini adalah tiga saja dari banyak topiknya, dan sumber-sumber lain:
Berikut ZetaTalk mengingatkan kembali agar orang belajar membuat rumah kapal sendiri. [Baca juga: Survival: Mengandalkan Diri Sendiri]

Terjemahan bebas Houseboat Living, The ZetaTalk Newsletter Issue 437, Sunday February 15, 2015
Apa yang harus dilakukan ketika air terus naik dan Anda harus terus-terusan keluar . Gulungan gelombang pasang laut ke dalam daratan dan akan membengkak. Sungai-sungai tidak surut dan basement-basement di bangunan-bangunan akan mulai kebanjiran. Solusinya?
Bangunlah sebuah rumah kapal. Tumbuhkan sayuran-sayuran kunci seperti tomat atau kale dalam container di dek kapal. Ikan untuk protein dan, apabila Anda tidak suka tetangga Anda, Anda tinggal menarik jangkar dan pergi ke pesisir-pesisir pantai lainnya. Kumpulkan rumput laut kalau kebetulan melihatnya terapung dan gantunglah sisa-sisa makanan disisi untuk mengumpulkan kepiting atau memancing ikan. Kemungkinan-kemungkinannya tidak terbatas. 
Jika Anda tidak mengambil tindakan, Anda akan berakhir menjadi pengungsi dalam kapal. [Baca: Orang-Orang Kapal]
Seluruh naskah dan cerita pendek Finegan Fine, yang tersedia gratis bagi publik, adalah berdasarkan kehidupan di rumah kapal.
Berlokasi di tenggara AS, yang akan ditarik turun dan kehilangan ketinggiannya, kisah ini berupaya menggambarkan teknik-teknik survival (perjuangan hidup) di sebuah dunia yang terendam air, sebagaimana dalam bab berjudul Houseboat Living
Rumah kapal Finegan memakai tenaga roda kayu berpedal. Meskipun bukan speed boat, kapal ini membawanya mengapung-apung di pantai dan keluar-masuk sungai-sungai yang membengkak, serta menjaga kakinya kuat.


Para alien Zeta telah selalu merekomendasikan kehidupan di kapal boat.  Siberia, basin Amazon, lembah Mississippi, Indonesia, pulau-pulau di Eropa yang baru--semuanya adalah para kandidat untuk tinggal di kapal boat. [Baca juga: Ketika Suatu Bagian Lempeng Sunda Bengkok dan Patah]

ZetaTalk Advice 2001: Saran kami adalah untuk merencanakan sebuah komunitas apung, karena ikan akan berlimpah di masa Pasca Pergeseran Kutub.
Bangunlah kapal Anda sekarang, dalam mengantisipasinya. Anda mungkin akan ditertawakan, layaknya seorang Nuh modern, tapi Anda akan, boleh dibilang, menjadi tuan di negeri sendiri, dan mampu bepergian kemanapun Anda suka.   
Alat-alat pengaung adalah apapun yang dapat menahan air dan kedap air. Botol-botol minuman softdrink bekas dari boleh saja, sebagaimana dipergunakan di rumah kapal. [Baca: Rumah Kapal Dari Bakau]
Kayu dapat mengapung, bahkan ketika air mampet, dan, dengan demikian akan menjaga kapal tetap terapung. Orang bahkan dapat menggunakan beton apabila udara diperangkapkan di bawah papan datar yang menyetir arus air/energi di bagian dasarnya.
Kreatiflah! Bersenang-senanglah!
Building a Houseboat http://buildahouseboat.com/ You can build it on factory-built houseboat pontoons or build your own wooden pontoons.