Tentang Kesadaran Diri


Terjemahan bebas dari ZetaTalk: Forming Entities, Note: written Nov 15, 1995

Pada mulanya, setiap entitas yang baru terbentuk menyadari hanya dirinya sendiri. Kesadaran diri merupakan kondisi yang konstan dalam seluruh kehidupan dari makhluk dalam bentuk apapun. Namun pada awalnya, kondisi ini hanya satu-satunya. Entitas-entitas yang baru terbentuk ditempatkan ke dalam inkarnasi-inkarnasi di alam Densitas ke-3, berulang-ulang, untuk mempercepat pelajaran di alam Densitas ke-3--menetapkan orientasi spiritual.

Apakah berinkarnasi maupun tidak, entitas-entitas yang baru terbentuk, mula-mula, menjadi sadar terhadap yang lainnya berdasarkan dampaknya pada diri sendiri. Apakah efek itu menyenangkan atau tidak menyenangkan, mendominasi atau pasrah, diinginkan atau dihambat, bagi yang berinkarnasi maupun tidak, pertukaran sosial telah dimulai.

Rasa terhadap yang lainnya juga lahir dalam konteks ini, tidak hanya dalam kesadaran terhadap partner dalam interaksi-interaksi sosial, tapi juga melalui pengamatan terhadap yang lainnya yang menjalani pengalaman yang serupa. Empati adalah, pada dasarnya, pernyataan, "Saya pernah mengalaminya, dan saya memahami."

Dalam alam Densitas ke-3, terdapat,
pertama-tama, kesadaran diri.
kedua, bereaksi terhadap kehadiran yang lainnya, dan
yang terakhir, kapasitas untuk berempati. 
Dalam membuat ketetapan orientasi, entitas yang memilih Mengabdi-Ego lebih bergerak maju untuk menetapkan orientasi ini ketimbang bertahan tanpa kemajuan. Mereka tetap merasa paling nyaman dengan kesadaran diri, dan bereaksi terhadap yang lainnya dalam konteks ini, yang pada dasarnya mempertanyakan, "Apa yang dapat Anda lakukan bagi saya?"