Prediksi ZetaTalk : Keruntuhan Perekonomian Menuju Pergeseran Kutub

Berikut adalah prediksi-prediksi ZetaTalk tentang perekonomian menuju Pergeseran Kutub.

UANG KEHILANGAN NILAI
Terjemahan bebas ZetaTalk: Worthless Money, Note: written prior to July 15, 1995

Uang akan mulai kehilangan nilainya jauh sebelum bencana-bencana alam menimpa. Hal ini akan terjadi di seluruh dunia, dan di hampir semua budaya manusia. Mengapa harus seperti ini kasusnya kalau, seperti yang pernah kami nyatakan, mayoritas orang tidak akan sadar maupun akan menyangkal terhadap bencana-bencana alam dahsyat yang mendatangi?

Struktur keuangan dalam kekaisaran-kekaisaran finansial dunia benar-benar cukup rapuh. 
Lihatlah naik-turunnya harga-harga di pasar-pasar saham, pasar-pasar obligasi, dan pasar-pasar spekulasi lainnya. Kepanikan muncul dalam sekejap. 
Masalahnya adalah bahwa masalah-masalah keuangan dilandasi oleh persepsi-persepsi manusia terhadap nilai. Hal ini bergerak-gerak, berubah-ubah, bahkan di masa-masa paling stabil. Nilai sebuah benda meningkat selama kekurangan stok, namun anjlok selama masa-masa kelimpahan barang; dan, kalau tidak demikia, akan dipengaruhi oleh berbagai persepsi tentang berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Penjudi-penjudi berjubel di arena-arena keuangan.  
Salah satu alasan bahwa raksasa-raksasa finansial di kalangan elit berupaya menihilkan kesadaran terhadap kehadiran alien adalah rasa takut mereka akan reaksi-reaksinya pada pasar-pasar keuangan. 
Jika mereka tidak dapat menihilkan kesadaran itu, mereka akan berupaya meminimalisir kepanikan. Lihat saja ke sejarah, untuk melihat bahwa hanya butuh hal yang remeh saja untuk menciptakan kepanikan-kepanikan finansial. Dengan mendekatnya milenium dan segala prediksi suram yang dibuat oleh banyak orang, baik yang benar maupun tidak, banyak orang di seluruh dunia akan berjaga-jaga. 
Tambahkan pada kondisi ini peningkatan kegagalan tanaman pangan, dengan konsekuensi kekurangan pangan, yang mempengaruhi pasar-pasar komoditi.
Manusia-manusia berhati baik yang mengkhawatirkan pertahanan hidup selama bencana-bencana alam dahsyat disarankan untuk tidak mencari bantuan dari pasar-pasar uang. 
Investasikan uang Anda untuk tanah dan struktur-struktur yang stabil, untuk dokumentasi-dokumentasi tentang iptek dan ilmu pengetahuan ilmiah sekarang ini, untuk peralatan bercocok tanam sayuran hidroponik dan tangki-tangki untuk beternak ikan dan udang dengan nutrisi/makanan dari kotoran yang didaur ulang."
KERUNTUHAN PEREKONOMIAN
Terjemahan bebas ZetaTalk: Economic Collapse, Note: written Dec 15, 1996.

Bank-bank dunia dijustifikasi dalam kerewelan mereka tentang kesehatan industri mereka selama kepanikan yang akan terjadi menuju bencana-bencana alam dahsyat. 
Nilai uang kertas adalah hal yang rapuh, yang lebih berdasarkan pada rasa percaya ketimbang yang lainnya. 
Nilai uang kertas dapat terjun dalam satu malam, dan sering kali terjadi di negara-negara yang tidak stabil, dimana mencetak uang dilihat sebagai solusi terhadap kurangnya dana demi ambisi-ambisi pemerintah. 
Sejarah telah menunjukkan bahwa bank-bank dan nilai mata uang dolar jatuh selama depresi perekonomian. Dan tahun-tahun yang mendahului bencana-bencana alam dahsyat nanti akan mengalami kegagalan panen di hadapan cuaca yang tidak biasa dan bencana kekeringan yang tidak juga pergi. Perusahaan asuransi akan gagal akibat cuaca dan keparahan gempa, serta kurangnya rasa percaya masyarakat pada umumnya.
Di hadapan kurangnya kepercayaan terhadap uang kertas yang telah diandalkan komunitas perbankan dunia, akan kembali metode sistem barter yang lebih sederhana - beri saya sekantong apel, saya akan beri Anda dua galon susu
Orang-orang yang telah lama mengandalkan kredit dan belanja akan mulai mengurangi hutang mereka dan mulai mengandalkan diri sendiri, meninggalkan industri perbankan tanpa customer. Hal ini tentu saja akan menciptakan suatu jenis kepanikan di dalam industri perbankan, yang seperti agama-agama terorganisir, akan melihat basis perekonomian mereka mengkerut. 
Orang dapat mengekspektasi manuver-manuver ambisius seperti partipasi dan aliansi yang dipaksakan dengan korporasi-korporasi besar, namun ini hanyalah sebuah sebuah langkah  penghentian-kesenjangan, dan manuver-manuver semacam itu akan dipertanyakan. 
Kebanyakan orang, sejujurnya, hanya mengungkapkan kedongkolan terhadap para bankir mereka, yang dilihat sebagai parasit-parasit yang menempel di punggung orang-orang yang bekerja.
Telah kami prediksikan keruntuhan perekonomian, sampai ke tingkatan yang akan menganjlokkan 1/4 dari kekuatannya saat berdirinya di akhir 1999. 
Situasinya belum sampai di sana, dan akan terus jatuh. Setiap negara berdampak pada negara lain, setiap perusahaan yang gagal akan menarik jatuh yang lainnya. 
Selama Depresi Besar dan hancurnya Pasar Saham, orang-orang sesungguhnya tidak mati akibat berkurangnya kekuatan dalam perekonomian, melainkan hidup lebih sederhana. Tentu saja ada golongan elit yang akan loncat dari jendela (bunuh diri - pen.) ketimbang harus menghadapi kengerian hidup sederhana dan bekerja mencari nafkah, namun kami tidak memasukkannya dalam pernyataan kami di atas. Yang kami bicarakan di sini adalah tentang orang-orang tak bersalah di dunia ini.
Selama Depresi Besar, bank-bank gagal namun tidak mintai pertanggungjawaban. Kredit-kredit rumah yang terlambat, utamanya, tidak mengalami penyitaan, dan semuanya masih menunggangi hingga masa-masa menjadi lebih baik, pada utamanya. 
Ada cerita-cerita tentang kegagalan, penyitaan rumah, keluarga-keluarga yang kehilangan rumah dan peternakan, namun mayoritas luas orang melengos saja dan menjalaninya saja. Mengapa harus menyita kalau tidak ada pembeli? Mengapa menutup pintu bank, sehingga mengungkap kegagalan, ketika bank-bank lain berada dalam posisi yang sama?
[Sistem Barter]
Sistem barter muncul, orang bekerja untuk satu sama lain per harian, demi makanan atau pertukaran barang. Kami antisipasikan dampak nyata dimana badai-badai dan gempa-gempa akan melumpuhkan kota-kota, perusahaan-perusahaan asuransi gagal, dan pemerintah harus campur tangan atau populasi orang yang kehilangan rumah akan meningkat.
  • Negara-negara dimana populasinya dibiarkan mati kelaparan--orang menjadi stress dan tergeletak di tepi jalan dalam keadaan ini--pendek kata, akan melanjutkan saja praktek ini. 
  • Negara-negara dimana pemerintahnya telah diekspektasi akan campur tangan dan menyelamatkan para pembayar pajak dari kondisi itu akan menggumamkan tentara-tentara, suplai-suplai, dan, kebanyakan, janji-janji. Maka, keluarga-keluarga akan terlempar ke belas kasihan tetangga-tetangga mereka, keluarga nuklir, rekan kerja, atau individu-individu filantrofik. 
Ini adalah pengawal dari situasi yang akan ada setelah pergeseran kutub, jadi biasakanlah diri dengan itu. 

[Pengendalian Pasar Saham]
Pengendalian terhadap Pasar Saham dikendalikan oleh para manager keuangan lebih dari yang dipahami orang.
Kalau diasumsikan bahwa publik mengendalikan penjualan saham, karena mereka sepertinya dapat meminta broker menjual atau membeli, kebanyakan saham sesungguhnya berada dalam kendali para manager uang yang tidak diperbolehkan melakukan penawaran oleh publik. 
Dana 401k ($401.000), contohnya, jarang diberi hak untuk meminta beli atau jual, dengan hanya sebagain kecil kendali diberikan kepada si pemegang. Maka, para manager uang, yang dikuasai tangan-tangan para elit, yang menyewa mereka dan dapat memecat mereka, diberi tahu untuk tidak menjual, bahkan ketika ada indikator-indikator buruk, atau bahkan membeli ketika indikator-indikator menyatakan sebaliknya.
Maka, pasar saham masih dijunjung secara artifisial, namun kepanikan akhirnya akan mengambil alih. Apa yang akan menyebabkan kepanikan itu? 
Manager-manager uang yang tidak memiliki aliran profit untuk mempertahankan staff mereka, gaji mereka, akhirnya akan ditunggangi oleh permintaan-permintaan dari atas, lalu menjual. Mereka cuma perlu bertahan hidup--menerima gaji. Dan keserakahan--hasrat untuk mendapat bonus profit kuartalan yang didapat (dari transaksi)--akan menyebabkan tindakan-tindakan individu yang saling berbenturan, yang menyebabkan apa yang kami sebut "terjun".
Karena ini semua sangat berada di tangan manusia, kami tidak dapat memprediksi hari-harinya kapan. 
Kami juga tidak menganggap hal ini prioritas, karena uang tidak seharusnya menjadi perhatian Anda--tidak menjadi materialistik, melainkan memikirkan penderitaan orang-orang tak bersalah di dunia.  Kami rasa (prioritas terhadap uang) adalah fokus yang salah tempat.
Telah kami prediksikan beberapa bulan yang lalu, menuju pertengahan 2002, ketika perubahan harga-harga di Pasar Saham menjadi ekstrim dari hari ke hari, bahwa rem-remnya sudah hilang dan Pasar Saham dapat runtuh tiba-tiba. 
Ada banyak bentuk rem-rem semacam itu, dan setelah July dip, pasar telah ditahan untuk stabil meskipun tidak ada hal-hal lain (yang baik) selain indikator-indikator buruk, di seluruh dunia.
Bagaimana bisa hal ini sedang terjadi, sementara PHK terus berjalan, kebangkrutan terus berjalan, kepercayaan publik rendah, dan tindakan membeli pada dasarnya mandeg.
Bencana-bencana seperti pesawat-pesawat terbang yang jatuh dari langit, pengurangan penggunaan jalur udara untuk bepergian, kereta-kereta anjlok, peningkatan kerugian usaha dan asuransi, dan peningkatan penyakit. Seluruh kru kapal pesiar jatuh sakit, dan diturunkan di pelabuhan dalam upaya mensterilkan kapal. Basis-basis militer jatuh sakit karena sakit-sakit umum seperti Strep Throat. 
[Tidak Akan Ada Negara Penyelamat]
Tak ada negara yang memimpin layaknya mesin yang dapat menarik dunia keluar dari apa yang sekarang disebut resesi--yang sesungguhnya adalah depresi--yang serupa dengan yang di tahun 1929. 
Kelaparan merajalela di seluruh dunia, di negara-negara yang telah terkena dampak. Namun, negara-negara yang baru terkena (bencana kelaparan - pen.) tidak diumumkan dalam berita. Imigrasi adalah kekhawatiran negara-negara yang dianggap kuat seperti AS dan Australia, maka menekan imigrasi telah menjadi brutal.
Lalu bagaimana bisa Pasar Saham naik, atau tetap stabil, selama meningkatnya masalah-masalah?

Setiap seperempat tahun (kuartalan), dilakukan proyeksi-proyeksi sedemikian rupa sehingga seperempat waktu berikutnya akan lebih baik, dengan indikator-indikator tinggi dan trend-trend yang berubah! 
Itu adalah indikator-indikator yang salah, tapi siapa yang akan tahu? 
Berapa banyak orang yang memiliki hak istimewa atas fakta-fakta dari mana pernyataan-pernyataan itu dibuat? 
[Contohnya] Telah dinyatakan bahwa musim Natal 2002 akan menjadi berkah bagi para retailer. Namun barulah ketika Natal tiba mereka mengumumkan hasil-hasilnya bahwa telah terjadi pembatalan order. Kini sedang diumumkan bahwa banyak usaha sedang mulai memperbarui inventori mereka. 
Berapa banyak masyarakat umum yang memiliki hak istimewa atas informasi ini? 
Setiap pekerja pabrik tahu bahwa inventory menurun, dan tidak ada rencana pembaruan, malahan ada rencana PHK, namun menganggap situasi ini hanya terjadi di perusahaan mereka, industri mereka, lokalan mereka. Hal ini tidak lebih benar dari proyeksi-proyeksi belanja Natal yang tampak semarak, namun kebenarannya ditunda selama berbulan-bulan, jika mungkin.
Di AS, asuransi meningkat, yang didukung oleh pemerintah AS kalau-kalau ada masalah terorisme. Demikian pula, Administrasi Bush sedang menyuap Wall Street, dengan menjanjikan dan mendorong legislasi yang sedemikian rupa sehingga para individu kaya dan publik pada umumnya akan terburu-buru membeli saham! Tidak ada pajak ganda untuk profit! Saham terbaik untuk semua orang! 
Dalam menganalisa dampaknya, hal-hal itu berdampak nol pada perekonomian, karena dana-dananya tidak akan mengalir ke orang-orang yang membeli saham. Profit-profitnya ditunda selama setidaknya seperempat tahun, namun Wall Street akan kebanjiran pembeli-pembeli yang bersemangat! 
Efeknya? Para analis, yaitu para manager uang  yang tidak menjual ketika mereka berpikir harus menjual, layaknya orang-orang kecil yang mengikut arus saja, diberi penghargaan.
Karena masalah ini berada di tangan manusia, tidak dapat diprediksi dengan pasti bagaimana hasil akhirnya nanti. Saham-saham sekarang ini sedang ditahan oleh para manajer urang yang telah mendapat arahan untuk tidak menjual, karena diancam akan dipecat atau lebih buruk lagi.

[Robohnya Rumah Kartu]
Pemicu apa yang akan meruntuhkan rumah kartu ini? Sudah pastinya kemungkinan sekali adalah perubahan-perubahan bumi yang akan mempengaruhi korporasi-korporasi yang perlu mengakses dana-dana mereka, seperti anak perusahaan yang terkena dampak gempa yang memerlukan penyelamatan. 
Gudang roboh, inventory perlu ditarik dan dipindahkan, para pegawai utama perlu direlokasi. Dewan Direktur menelaah situasinya, dan satu-satunya sumber dana adalah portfolio saham mereka, yang kemudian mereka jual! 
Kalikan ini beribu-ribu kali, dan kepanikan dalam menjual akan terjadi. Hal ini dapat dihentikan, Pasar ditutup, namun akan menjadi gerakan yang terlalu kentara.
Telah kami prediksikan beberapa tahun yang lalu, di akhir 1999, bahwa penetapan harga, sebuah pembekuan harga, bisa terjadi. Namun perubahan-perubahan bumi begitu meluas, dari Pantai Barat hingga Pantai Timur AS dan Kanada, contohnya, yang berdampak secara bersamaan ke Inggris dan Eropa bagian barat, juga ke Jepang. Hal ini bisa menjadi tidak terkendali.

Maka, bukanlah kondisi kebetulan yang dihadapi manusia yang akan menciptakan kepanikan, melainkan perubahan-perubahan bumi, yang tidak akan dapat berhenti.


SISTEM BARTER
Terjemahan bebas ZetaTalk: Barter System, Note: written Dec 15, 2001

Kami prediksikan bahwa lama sebelum pergeseran kutub, suatu sistem barter akan menggantikan sistem uang kertas sekarang ini. 

Nilai dolar, di semua negara, akan jatuh, sedemikian rupa sampai-sampai, dalam setiap transaksi, salah satu atau kedua pihak hanya akan merasa mendapat pertukaran yang imbang jika ada hal, bukan perwakilan, yang diberikan atau diterima. 
Ini adalah praktek umum di negara-negara dimana dolar sedang jatuh, dan terjadi migrasi alami, karena pikiran tersebut sudah ada di benak manusia, dengan sistem barter menjadi sistem baru-baru ini saja dalam evolusi budaya mereka. 
Apa makna situasi itu bagi rakyat jelata, dan bagi golongan kaya?
Rakyat jelata akan dapati diri mereka merasa senang jika telah mendapat pandangan ke depan untuk mengamankan barang-barang berharga seperti benih atau peralatan atau makanan kering. 
Nilai alat-alat yang mati dan tidak bisa beroperasi, bahkan mobil-mobil yang tidak dapat melalui jalanan rusak, akan menjadi nol.  Nilai benda-benda yang dapat meningkat seperti jarum dan benang, yang dapat memperbaiki baju rusak yang bisa tidak berharga, atau sekop yang dapat membuat kebun atau menyiangi rumput liar, akan melonjak. 
Golongan kaya tentu saja akan mengeluh tak ada habisnya, dan mencoba meyakinkan siapapun yang mau mendengar bahwa barang-barang mereka akan kembali bernilai, yang mana tidak akan. Uang akan digunakan sebagai media pertukaran, demikian pula permata dan barang-barang seni, di sebagian setting hidup, untuk sebentar sekali saja.
Hal ini akan terjadi hingga mereka yang sedang ditawari benda-benda itu dengan harga obral akan menyadari bahwa pergeseran telah terjadi di seluruh dunia, dan penyelamatan serta kembalinya ke peradaban sebagaimana yang mereka kenal selama ini tidak akan terjadi. Mungkin dalam waktu berbulan-bulan, namun kemungkinan sekali berminggu-minggu, dan hanya di setting-setting hidup yang terbatas. 
Kami sarankan kepada orang-orang awam, seperti yang pernah kami lakukan dahulu, untuk melepas diri dari segala saham dan intan permata dan uang kertas yang akan jatuh nilainya, mungkin secara tiba-tiba dan tanpa peringatan. 
Lebih baik menyimpan barang-barang yang akan berharga seperti (misalnya) lilin dan korek api, buku-buku pelajaran (tertentu -- pen.)dan gitar, ketimbang barang-barang kekayaan orang-orang kaya.
[Menguji Keahlian Survival Diri] 
Dalam hal set keahlian orang dapat dianggap sebagai barang barter, orang sebaiknya menelaah set keahlian mereka melalui penelaahan diri berikut ini.
Jika Anda berada di tengah-tengah alam liar, sendirian, langkah-langkah apa yang akan Anda ambill untuk bertahan hidup? Apa keahlian pertama yang akan Anda perlukan, dan tidak Anda miliki? Siapa yang Anda kenal yang Anda inginkan bersama Anda dalam situasi semacam itu? Apa saja keahlian yang mereka miliki, yang mungkin dapat Anda kembangkan? 
Bayangkan sebuah grup dalam setting hidup semacam itu, yang sampai di suatu lahan sampah dimana bertebaran berbagai barang rongsokan yang dapat menyediakan peralatan mekanis dan memberi tempat berteduh jika dimanfaatkan secara kreatif dan penuh akal. Bagaimana cara Anda memulai menciptakan rumah yang nyaman bagi diri Anda sendiri, dan orang-orang lain, dalam situasi semacam itu? 
Jika Anda benar-benar tidak tahu cara menggunakan barang-barang rongsokan untuk membangun rumah, mendaur ulang atau memasang-masang, maka mungkin Anda harus bekerja dengan tukang rombeng, di halaman rumahnya, dan belajar!
Apa yang sedang coba kami beri tahukan kepada Anda adalah bahwa jika Anda membayangkan diri Anda dalam setting hidup semacam itu, maka Anda tidak akan kesulitan menentukan apa yang tidak berguna dan apa yang paling berguna dari suatu set keahlian. Jika Anda seorang akuntan, misalnya, dan tidak dapat menyalurkan keahilan ini menjadi penjahit atau peternak ataupun koki, maka keahlian Anda tidak akan berguna!"

All rights reserved: ZetaTalk@ZetaTalk.com

Baca juga:
Investasi Terbaik Menuju Pasca Pergeseran Kutub
Pembatasan Perbankan 2014