Pasca Pergeseran Kutub: Internet

Terjemahan bebas ZetaTalk: Internet, Note: written prior to July 15, 1995

Di bulan-bulan setelah bencana-bencana alam dahsyat, kegagalan satelit akan bersifat sporadis, namun cukup berdampak pada teknologi karena menopang gaya hidup sekarang ini. Jalur kabel di tanah akan dapat diandalkan, namun tidak demikian dengan telepon seluler.
Hal ini akan paling membingungkan bagi para pialang kekuasaan di kalangan elit, yang akan dapati bisnis-bisnis mereka menggelepar-gelepar, saham-saham yang sudah jatuh hampir ke tanah tidak dapat diselamatkan, dan pengandalan terhadap komunikasi-komunikasi militer akan menciptakan chaos di kalangan mereka yang berharap untuk melindungi para elit. Grup-grup ini akan saling memekik, menjeritkan tuntutan-tuntutan padahal tak ada perbaikan yang dapat dilakukan. 
Rakyat kecil, rakyat jelata, akan bernasib lebih baik, khususnya kalau mereka menggunakan teknologi short wave. Mereka akan semakin mengandalkan teknologi ini. Dan mereka akan menjadi terbiasa dan akrab menjelang waktunya teknologi ini diperlukan seutuhnya, untuk komunikasi jarak jauh dari lokasi mereka.
[Jaringan Komputer]
Jaringan komputer akan tetap ada setelah bencana-bencana alam dahsyat, sesuai dengan struktur jaringan tersebut. Peralatan elektronik apapun yang dilindungi dari kerusakan akan beroperasi lagi setelah bencana-bencana alam dahsyat seperti sebelumnya, asalkan ada sumber listrik.

Jaringan-jaringan internet adalah masalah lain lagi, karena ada banyak bagian dari keutuhannya itu, dan, pada utamanya, ada kerusakan apapun akan melumpukan keseluruhannya--teori rantai lemah beraksi di sini.
Namun, jaringan-jaringan yang mengandalkan kabel-kabel yang menjalar di seluruh Bumi tidak dapat diharapkan akan beroperasi. Demikian pula, jaringan-jaringan yang dioperasikan dengan pantulan satelit akan dapat diri mereka bermasalah ketika satelit-satelit robek, berjatuhan dari langit.  
[Radio Short Wave]
Lalu bagaimana jaringan komputer dapat beroperasi lagi?
Kami sarankan  bahwa jaringan radio short wave yang dibangun dengan dish, tidak mengandalkan satelit, dapat menjadi solusi. Dan kalau pergeseran kutub akan berpengaruh pada kabel-kabel dalam tanah, yang akan robek-robek, dan satelit berpantulan (karena satelit akan lepas dari langit), maka komunikasi radio short wave yang memantulkan gelombang dari Bulan atau ionosfer akan selamat.
Selubung awan tidak berpengaruh banyak pada komunikasi melalui gelombang pendek, sekarang ini, maka atmosfer yang suram dan selubung awan yang rendah juga tidak akan mencegah komunikasi short wave di tahun-tahun setelah pergeseran kutub.
Ionosfer akan pulih, dalam hitungan minggu-minggu setelah pergeseran kutub, karena ini merupakan sebuah faktor atau komponen di atmosfer.
Seperti pemisahan minyak dan air ang terjadi setelah dibukanya botol saus salad yang telah diguncang keras-keras, komponen-komponen itu akan mencari tingkat meratanya dan membentuk kembali hubungan mereka setelahnya. 
Akan tetapi ionosfer akan menjadi lebih rendah, akibat atmosfer yang hilang secara total yang hanya akan tergantikan secara bertahap, yang akan memerlukan pemakaian sudut yang berbeda selama komunikasi untuk mendapatkan pemantulan.
Dengan demikian, para operator radio harus menyesuaikan diri dengan kondisi-kondisi berubah itu setelah pergeseran kutub sebagaimana layaknya dalam kondisi-kondisi yang berubah sekarang ini, menggunakan pendekatan yang sama dan memilih teknik-teknik yang sesuai dengan itu.   
All rights reserved: ZetaTalk@ZetaTalk.com