Tentang Ruh Tua (Tambahan)


Dari jenis-jenis ruh di alam semesta, dikenal istilah Ruh Tua, yang juga dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Old Soul. Ada kesalahpahaman banyak manusia dalam mengartikan Ruh Tua. Mereka menganggap bahwa seluruh ruh yang telah berinkarnasi ribuan atau jutaan tahun adalah ruh tua.
Tapi, menurut penjelasan para alien Zeta Pengabdi-Kebaikan, apa yang disebut sebagai Ruh Tua sesungguhnya merujuk pada kematangan spiritualnya, bukan pada jumlah reinkarnasinya. Ia telah kokoh memilih orientasi spiritual Mengabdi-Kebaikan. Ruh Matang adalah sebutan lain yang lebih tepat.
Para Pengabdi-Ego ada yang memiliki ruh tua, tapi, untuk masalah yang satu ini, lebih terkait dengan usia reinkarnasinya, dan bukan ruh merupakan yang matang--malahan belum dewasa.
Para Ruh Tua memiliki massa ruh yang besar, dan dapat dirasakan oleh sebagian manusia.
Kalau mata manusia tidak dapat mengukur massa ruh/jiwa orang lain, maka ruh dapat mengukurnya dengan baik. Anda tahu secara insting bahwa orang lain itu, misalnya, matang dan bijak. Spirit Substance, written Mar 15, 1996 [Baca: Hakekat Ruh]
Berikut para alien Zeta Pengabdi-Kebaikan menjelaskan perbedaan kontras antara Ruh Tua dengan Ruh Muda yang akan sirna (tapi ada ruh muda yang tidak sirna, karena telah berpijar, sehingga bereinkarnasi):
Ruh-ruh tua setara dengan sulur-sulur dan koneksi-koneksi pada otak, serta jumlah sel otak manusia. Mereka hidup terus karena ini--kerumitan interaksi-interaksi dan ingatan-ingatan yang menyatukan jiwa itu. Sedangkan ruh-ruh muda yang kemudian sirna (tidak lagi bereinkarnasi--pen.) akibat kurangnya apa yang kami sebut suatu pijaran--yaitu memiliki sedikit saja koneksi, sedikit saja ingatan yang substansial yang menciptakan koneksi-koneksi, dan, dengan demikian, pada dasarnya, tidak ada apapun dalam dirinya. Terjemahan bebas dari ZetaTalk: Spirit Form, Note: written Aug 15, 1995
Ini terkait dengan kemampuan spiritual suatu ruh untuk membuat kemajuan dalam perjalanan hidupnya dari satu masa hidup ke masa hidup lainnya. Ada yang dapat dengan cepat maju dari pelajaran di alam densitas ke-3 dan lulus dari satu alam lebih tinggi ke alam lebih tinggi berikutnya. Berikut penjelasan lebih mendetil dari para alien Zeta.

Terjemahan bebas dari ZetaTalk: Old Souls, Note: written May 15, 1997

Jika Bumi menjadi rumah bagi para entitas yang tengah terbentuk, dan Dewan Alam Semesta Ini sedang mengatur kunjungan-kunjungan di antara para entitas itu yang telah lulus dari rumah-rumah semacam itu (semacam bumi, misalnya di planet-planet lain--pen.) untuk bepergian di alam semesta ini, lalu seberapa tuanya para entitas yang duduk di Dewan?
Lamanya waktu bukan panduan yang relevan di sini, karena kemajuan dalam masalah-masalah spiritual bersifat kurang terkait dengan tahun-tahun, melainkan masalah pertumbuhan. 
  • Ada jiwa-jiwa/ruh-ruh tua di kamp-kamp Pengabdi-Ego yang hampir-hampir tidak membuat perkembangan melewati titik jiwa-jiwa paling matang di Bumi! Mereka kokoh Mengabdi-Ego, dan, dengan demikian, maju ke alam Densitas ke-4, dan di sanalah mereka tinggal.
  • Ada jiwa-jiwa/ruh-ruh yang relatif muda yang bergerak cepat melewati alam-alam densitas, karena, pada hakekatnya, mereka dapat belajar cepat dan tidak ragu-ragu menerapkan ilmu pengetahuan mereka.
  • Dan di antara kedua golongan itu, ada mayoritas luas, yang berlama-lama di titik-titik (inkarnasi--pen.) mereka, mengunjungi kembali (reinkarnasi--pen.) wilayah-wilayah yang telah mereka lewati dalam hidup sebelum memperkokoh pelajaran-pelajaran, dan menjadi terhalang akibat sifat-sifat mereka dari waktu ke waktu. Dan mereka maju melampaui halangan-halangan itu hanya ketika mereka menyadari bahwa rintangan tertentu sedang mencegah mereka untuk berkembang maju.
Dalam masyarakat manusia, Anda memiliki hal yang setara dengan itu, namun ini dibayang-bayangi oleh kecacatan-kecacatan alami yang menjadi perjuangan orang yang paling muda.
(Misalnya,) Bayi mungil, yang tak berdaya untuk memberi makan dirinya sendiri atau mandi sendiri, jelas-jelas tidak membuat manusia-manusia terkesan, apapun kearifan yang telah ada dalam diri ruh yang berinkarnasi pada bayi itu. 
Anak-anak balita, yang susah-payah berkomunikasi--hanya dengan satu frasa setiap kalinya--diperlakukan hanya sebagai sebuah potensi. 
Anak-anak kecil, yang bersemangat uintuk belajar tapi sering kali ceroboh dalam upaya-upaya mereka untuk menciptakan, bahkan, satu mesin aneh yang paling sederhana, hanya dihargai oleh para orang tua dan kerabat yang mengasihi mereka.     
 Remaja, yang bisa jadi telah memiliki keberhasilan dan berbicara dengan kearifan besar, dilewatkan begitu saja karena mereka dianggap sebagai pemberontak dan hanya berbicara demi menegaskan diri mereka dalam hasrat mereka untuk mandiri dan terlihat penting. 
Dengan demikian, pemikiran bahwa seorang anak yang relatif muda dapat memiliki kearifan jauh di luar para sesepuhnya, tidak dapat dipahami manusia-manusia.
Seberapa sering dari mulut bayi keluar wawasan-wawasan hebat? Seberapa sering gumaman gerutu manusia-manusia yang matang secara fisik menunjukkan bahwa pemikiran mereka dikacaukan oleh dambaan-dambaan untuk tergantung, kebencian-kebencian tidak rasional, promosi diri sendiri, dan ketidakmampuan untuk kreatif ataupun penuh akal? Usia fisik tidak ada artinya!  
Suatu jiwa/ruh matang tidak menyadari statusnya (matang atau belum--pen.), tapi cenderung mengenali jiwa-jiwa/ruh-ruh kuat lainnya selama suatu inkarnasi. Bentuk manusia adalah topeng yang hebat, pada utamanya, kecuali untuk diedukasi. Jiwa-jiwa/ruh-ruh tua hampir langsung saling mengenali. Ini bukan masalah bahasa tubuh (body language), karena manusia dapat tidak menyadari usia ruh/jiwa mereka, selain dari bahwa jiwa-jiwa/ruh-ruh itu sedang berfokus pada masalah-masalah yang berbeda dengan orang-orang lain di sekeliling mereka.
Ruh yang matang sering kali dapati diri mereka sangat kuat berfokus pada masalah yang terkait dengan agenda-agenda para Pengabdi-Ego, atau tiba-tiba mengambil tindakan dalam situasi-situasi dimana orang-orang lain masih berdebat dan tidak yakin. Ruh matang sering kali memiliki sebuah keahlian yang mengherankan orang tuanya, yang ditunjukkan awal dalam hidup manusia muda itu yang pengetahuan dan keahliannya berasal dari sebuah sumber selain dari pendidikan yang sedang diberikan oleh orang tuanya. 
Dengan demikian, ada kisikan-kisikan. Namun, ruh matang dalam jasad muda sering kali merasa aneh dan terputus dari orang lain hingga ia bertemu orang-orang lain yang sejenis.

All rights reserved: ZetaTalk@ZetaTalk.com