Pasca: Ketika Kekuatan Hukum dan Militer Lenyap

Baca juga: 

Terjemahan bebas ZetaTalk: GodlikeProduction Live, written November 24, 2007

Telah kami nyatakan bahwa mereka yang berkuasa yang mengira bahwa kekuasaan mereka akan berlanjut sedang beranggapan bahwa (mereka akan tetap berada) di posisi yang sama itu, padahal tidak demikian faktanya nanti.
Geng-geng 'Mad Max' akan menjarah mereka hingga tak ada lagi yang dapat dijarah, lalu mereka akan saling menyerang. Para Pengabdi-Ego tidak dapat membuat rencana dengan baik, dan mereka akan berakhir kelaparan, membeku, dan, pada suatu titik, saling memakan (kanibalisme--pen.). 
Komunitas-komunitas Pengabdi-Kebaikan akan dilindungi hingga suatu tingkatan, terutama jika mereka senantiasa berhati-hati dengan menjaga diri untuk tidak terlihat menonjol, serta berlokasi dimana para Pengabdi-Ego tidak akan dapat menemukan mereka.

Para Pengabdi-Ego akan mencari-cari kantong-kantong pemukiman orang kaya untuk menjarah, karena di sanalah barang-barang ada.
Para orang kaya itu mengira bahwa para militia mereka akan melindungi mereka, namun mengapa pula para militia itu harus menghormati para bos mereka di masa lalu ketika tidak ada polisi maupun pengadilan yang akan mengekang mereka?
Maka, para orang kaya akan menggosok toilet-toilet atau menjadi para korban pemerkosaan. Sementara, di kalangan para militia itu, terjadi perkelahian-perkelahian untuk menentukan hirarki komando. 
Pemerintahan tidak akan berfungsi, karena orang-orang yang berada dalam posisi komando akan tercerai-berai mencari-cari orang-orang serta keluarga yang mereka kasihi, sedangkan jalur-jalur komunikasi akan terganggu. 
Unit-unit militer apapun kemungkinan sekali akan terpecah-pecah menjadi grup-grup lokal yang bisa bersifat jahat atau bersifat baik, tergantung pada sifat orang-orang yang mendominasi unit itu.
Mereka yang menjadi jahat akan berakhir seperti grup-grup Mad Max, saling menghancurkan. Mereka yang melakukan kebaikan akan bergabung dengan upaya-upaya penduduk lokal untuk menolong orang-orang luka serta kelaparan, menjadi bagian dari grup-grup survival yang baik hati. 
Tambahkan pada fakta tersebut, jaringan-jaringan listrik yang akan rusak, sumber-sumber minyak dan gas yang tidak dapat disuling maupun dikirim yang akan terbakar, seluruh distribusi makanan yang akan terhenti, dan 43% dari para survivor yang akan menjadi gila hingga suatu tingkatan. 
Lalu bagaimana tepatnya "kekuatan hukum" maupun darurat militer apapun akan mengatasi semua masalah itu?
(Kekuatan) itu saat ini masih mungkin dilakukan hanya karena mereka yang berada di militer memandang bahwa diri mereka masih dapat tertangkap, diadili di pengadilan, serta masih digaji dan dijanjikan uang pensiun. Namun, ketika semua itu hilang, sebagaimana nantinya akan demikian, sebuah kekuatan militer tidak akan berfungsi.
Baca juga:
Pasca Pergeseran Kutub : Keruntuhan Peradaban Modern
Pasca: Ketika Kekuatan Hukum dan Militer Lenyap
Pasca Pergeseran Kutub: Pemerintahan Kolaps
Pasca Pergeseran Kutub: Pemerintahan Yang Berlaku