Jangan Panik. Baca Survival Ekstrim Pergeseran Kutub.

Urban Survival: Mandiri Kebun Pangan


Baca juga:
Makan Apa Ketika Semuanya Habis?
Persiapan Kiamat Maryland: Menyimpan Benih
Bertahan Hidup di Daerah Kumuh


Swasembada pangan berkelangsungan, simpanlah benih tanaman pangan.


Kebun Sayur Gantung Terbalik / upside-down (google)

Dengan adanya trend peroketan harga-harga kebutuhan hidup dan cuaca ekstrim yang sudah terjadi beberapa tahun terakhir ini, mandiri dalam hal pangan bagi setiap rumah tangga seharusnya sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi untuk segera dimulai.
Kemandirian ini (sebagaimana program perbekalan bagi rakyat dalam menghadapi bencana-bencana alam) seharusnya telah lama menjadi salah satu prioritas utama yang disorongkan ke setiap tempat tinggal di kota, pinggiran kota, dan pelosok, yang digalakkan layaknya program imunisasi balita di tingkat RT. 
Para alien Zeta, sejak awal munculnya situs zetatalk mereka, telah memperingatkan manusia tentang kekurangan dan kelangkaan pangan, meroketnya harga pangan, serta senantiasa mengingatkan manusia untuk segera memenuhi kebutuhan pangan sendiri di rumah dengan berkebun dan beternak, serta membiasakan diri dengan gaya hidup sederhana.

Peringatan ZetaTalk 15 Juli 1995 (terjemahan bebas)

Start of ZetaTalk "Seperti yang telah kami gambarkan sebelumnya, menuju bencana-bencana alam dahsyat, cuaca akan menjadi tidak dapat diprediksi, dengan hujan-hujan badai yang tidak disangka-sangka, dan kekeringan yang juga tidak disangka-sangka.
Suhu-suhu ekstrim akan dialami. Musim-musim dingin dengan panas yang tidak biasanya, dimana pepohonan dan semak akan mulai bersemi, menganggap sudah musim semi, tapi kemudian terkena suhu beku.  
Demikian pula, musim beku akan datang terlambat, di musim semi, hampir menuju ke musim panas, mematikan kuncup-kuncup bunga yang telah memunculkan putik-putiknya.
Kalau sekarang ini dunia mengimbangi situasi-situasi ini, mengirimkan hasil bumi ke seluruh dunia, selama tahun-tahun mendekati masa kemunculan kembali Planet X, seluruh bagian dunia akan mengalami keekstriman-keekstriman.
Namun kebun di rumah, yang diurus dengan seksama dan penuh perhatian, akan selamat. Sedangkan tanaman pangan penghasil uang yang banyak yang menyuplai pusat-pusat populasi yang padat akan didapati sedikit saja di pasar-pasar, dan harga-harga akan naik sesuai dengan itu.
Pada mulanya, toko-toko yang mampu bertahan dalam masa-masa itu akan laris. Setelah beberapa lama, toko-toko tersebut akan kehabisan stok, dan pemerintah akan menjadi gugup.
Sumbangan-sumbangan, bantuan dari negara-negara dengan kondisi yang lebih baik kepada negara-negara yang sudah kepayahan,  akan berhenti. 
Grup-grup yang telah mempersiapkan diri dan mengandalkan diri mereka sendiri serta pada kebun-kebun yang mereka urus dengan seksama, tidak akan dapati diri mereka terjepit di antara kelaparan dan permusuhan-permusuhan. 
Untungnya, tanaman pangan yang paling mudah ditumbuhkan adalah yang paling ekonomis sebagai bahan makanan.
Manusia mau tidak mau harus kembali ke masa lalu yang belum lama ditinggalkannya untuk memetik kembali pelajaran-pelajaran dari sana."  End of ZetaTalk 
Bagi yang belum memulai, sangat disarankan untuk segera mulai berkebun sayur di rumah.
Untuk pupuk dapat digunakan sampah makanan yang diolah (kompos) dan memanfaatkan cacing tanah (bisa sekaligus untuk makanan ternak unggas, jika ada). 
Dengan lahan sempit pun orang masih dapat berkebun sayur dan tanaman bumbu yang sesuai untuk ditanam di pot atau wadah (container)  yang tidak besar, seperti misalnya tanaman Pakis (sangat bagus untuk daya tahan tubuh), bayam, bayam liar, dan lainnya. 
Cara berkebunpun bisa secara vertikal atau dengan digantung terbalik (upside down--pen.)---bagus untuk wilayah rawan banjir (yang mana wilayah ini nantinya tentu harus ditinggalkan untuk dapat bertahan hidup menuju Pergesera Kutub.)  
Mengerjakannya pun dapat dilakukan bersama-sama tetangga.
Berikut saran-saran zetatalk.  

Berkebun Pangan di Kota 
Terjemahan bebas dari Urban Gardening, The ZetaTalk Newsletter. Issue 363, Sunday September 15, 2013

Oleh karena sekitar setengah populasi dunia tinggal di kota-kota, dan kota-kota akan kelaparan setelah pergeseran kutub akibat kurangnya distribusi makanan (dan kegagalan tanaman pangan), apa yang harus dilakukan oleh seseorang yang tidak dapat begitu  saja meninggalkan kota? Mulailah berkebun! Kurang tempat bukan alasan! Jika Anda memiliki akses ke sebuah ruang kosong atau teras untuk tempat container, maka Anda sudah dapat berkebun. Berlatihlah. Belajarlah untuk menyimpan benih! Bentuklah grup-grup support dan berbagi hasil bumi.
Great Tips for Urban Landscaping: Vertical Garden. Another thing that you can add to your yard is a vertical garden wherein you line hanging pots on top of each other to create a vertical orientation of plants. These structures must be placed against a strong wall. http://www.rainbowlandscaping.com/blog/page/2/ 
Food and Farming: Eating Local & Urban Gardens: Growing some of your own food is an economical and rewarding way to help our environment.  So is patronizing restaurants and groceries that practice sustainable farming and use/sell locally grown foods. http://phkreadingmaps.pbworks.com/w/page/10249931/Food 
Save Money Growing Vegetables and Herbs: If space is limited, containers are an ideal way to start veggie and herb gardening. All you need is sun and a source of water. From a small apartment balcony to the deck of a retirement-community home, containers can be productive, fun, and easy. Combining vegetables and herbs in containers gives you an attractive planting as well as a nice variety of edibles. An easy combination is a leafy plant such as Swiss chard or lettuce with rosemary, or a tomato with a basil plant in a 20-inch or larger container. http://bonnieplants.com/library/save-money-growing-vegetables-and-herbs/
Urban Gardens Galore, July 11, 2011: There are community gardens if you prefer to bring the bounty of vegetables home and share with neighbors. http://downsizemyspace.com/?tag=vertical-gardening
Gunakan kompos untuk cacing-cacing tanah yang dipelihara di dalam ember-ember karena hewan itu membuat tanah yang kaya nitrogen dari kompos. Dan, tahukah Anda, cacing mengandung protein 82%, tak ada yang lebih bagus lagi dari cacing untuk makanan ayam. Apa lagi yang ditunggu? Lakukan saja!

Maraknya Kebun Pangan Urban per tahun 2008 di AS
Terjemahan bebas dari Gardening Boom, The ZetaTalk Newsletter, Issue 82, Sunday June 15, 2008

Dengan naiknya harga-harga kebutuhan pangan, banyak keluarga yang kini beralih ke kebun di rumah sebagai cara untuk menurunkan anggara belanja mereka.
As Food Prices Shoot Up, so Do Backyard Gardens, May 15, 2008: With gasoline prices soaring and food costs not far behind, the number of Americans planning to grow their own backyard vegetables this year is up sharply. Gardening organizations, seed wholesalers, and local nurseries are all reporting hikes in the number of people buying vegetable seeds and starter plants. It's a trend that started slowly several years ago, spurred by concerns about food safety, food quality, and global warming, say garden mavens. But this year's gasoline and food price spikes have had what could be called a "Miracle-Gro" effect on the backyard garden movement. This year, 39 percent of people with backyards told the Garden Writers Association they planned to grow vegetables this year. That's up 5 percent from last year, after remaining relatively stable with only small increases for much of the past decade. http://www.csmonitor.com/2008/0516/p01s01-ussc.html
Kebun pangan di rumah telah lama sangat direkomendasikan oleh para Zeta, yang menyarankan agar orang-orang terbiasa untuk menyimpan benih tanaman pangan dan menyimpan benih mereka sendiri. Kegagalan-kegagalan tanaman pangan telah diprediksi oleh para Zeta akan terjadi menuju Pergeseran Kutub.

Stok makanan, yang disimpan oleh pemerintah AS untuk kasus-kasus darurat, juga telah berkurang banyak dan hal ini bukan lagi rahasia.
Concerned with CCC Inventories, June 6, 2008: According to the May 1, 2008 USDA's Commodity Credit Corporation (CCC) inventory report there are only 24.1 million bushels of wheat in inventory, so after this sale there will be only 2.7 million bushels of wheat left the entire CCC inventory. Our concern is not that we are using the remainder of our strategic grain reserves for humanitarian relief. Our concern is that the U.S. has nothing else in our emergency food pantry. There is no cheese, no butter, no dry milk powder, no grains or anything else left in reserve. The only thing left in the entire CCC inventory will be 2.7 million bushels of wheat which is about enough wheat to make ½ of a loaf of bread for each of the 300 million people in America. The CCC is a federal government-owned and operated entity that was created to stabilize, support, and protect farm income and prices. CCC is also supposed to maintain balanced and adequate supplies of agricultural commodities and aid in their orderly distribution. http://www.tristateobserver.com/modules.phpop=modload&name=News&file=article&sid=10121

Kebun Sayur Vertikal (google)


Kebun Sayur Kota 

Kompos
ZetaTalk Newsletter, Urban Gardening