Kemampuan Berbohong Makhluk Cerdas, dan Cara Memilah

Terjemahan bebas ZetaTalk: Telling the Truth, Note: written by Jul 15, 1995


Ini adalah masalah yang tidak hanya sudah ada dalam diri masyarakat manusia, tapi juga telah ada di dalam diri di seluruh Alam Semesta dimanapun ada kecerdasaan dengan kapasitas untuk menipu dan hasrat untuk melakukannya. Masalah ini muncul dalam manusia sejak usia awal. (Misalnya) Anak kecil yang tertangkap basah dengan tangannya di dalam stoples kue menjelaskan apa yang dimauinya. Sering kali penjelasan ini apapun selain kebenaran.

Sebagai makhluk dewasa, manusia dan, harus kami akui, banyak alien menjadi lebih canggih. Kebohongan-kebohongan terang-terangan diganti dengan perubahan-perubahan serta pembuangan-pembuangan tersamar, dengan penyelewengan yang cerdik terhadap pesan dari apa yang sesungguhnya disajikan sebagai fakta oleh penyampaian terus terang. Dengan cara ini, kebanyakan masyarakat manusia disajikan dengan apa yang para politisi ingin dipersepsikan oleh para pemilih suara, dengan apa yang para manajer perusahaan ingin dipercayai oleh para pemegang saham, dengan apa yang para kekasih berharap dipahami oleh pasangan seks mereka, dan dengan apa yang para pembayar pajak berharap akan dipercayai oleh petugas pajak.

Dengan (kebohongan) yang direncanakan ini, kita memasuki alam kehadiran alien, dengan jumlah para pemain yang berkali-kali lipat mulai dari kalangan manusia hingga para alien yang memiliki kepentingan. Bahkan mereka yang berorientasi Mengabdi-Kebaikan, mereka yang teramat sangat telepatis terhadap satu sama lain dan, dengan demikian, pada dasarnya tidak mampu saling berbohong, akan dapati diri mereka mengemas fakta-faktanya agar enak didengar. Lalu tentu saja ada para pembohong profesional, baik dari kalangan manusia maupun kalangan alien, yaitu para Pengabdi-Ego yang tidak memiliki rasa menyesal dalam menyesatkan siapapun.

[Cara Memilah-Milah Mana Yang Benar] 
Lalu bagaimana orang dapat menyortir mana yang benar? Kami sarankan bahwa metode-metode yang sama yang digunakan secara efektif untuk menelanjangi para pembohong dan orang-orang yang berbicara berlebih-lebihan dalam masyarakat manusia diberlakukan untuk masalah alien. Kalau orang menemukan sebuah kebohongan atau bahwa kebenaran telah dilebih-lebihkan, tunjukkan hal ini dengan fakta-fakta atau logika kokoh yang tidak terbantahkan, jika ada. Sekurang-kurangnya, pernyataan-pernyataan yang tidak benar dapat ditantang dengan pernyataan-pernyataan bahwa fakta-faktanya sepertinya bertolak belakang bagi Anda. Pernyataan yang tidak dibantah sering kali menjadi kebenaran bagi orang-orang yang tidak tahu. Kalau ada perselisihan, orang yang tidak tahu cenderung menimbang kalibernya, kualifikasi moral maupun profesional, dari para kontestan."