Inovasi Hebat Rakyat Peru : Penjaring Embun

Survival


Dimana ada kemauan, di situ ada jalan.
Situasi darurat menelurkan inovasi-inovasi hebat.

Saat bencana kekeringan yang parah, rakyat Peru, Amerika Selatan, boleh tenang dari kekurangan air karena mereka telah dapat menangkap air dari udara, alias embun dari kabut. Metode mereka serupa dengan yang telah dijelaskan dalam artikel Mendapatkan Air Saat Kekeringan Parah (untuk pemakaian kecil), namun berskala lebih besar (komunitas besar). Alat ini bahkan dapat untuk mengairi kebun yang luas seperti dari ledeng atau pancuran air pada umumnya. Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel Masalah Air : Air Suling itu Vital, penyuling air adalah vital sekarang ini dengan adanya dampak meluas dari berbagai bencana alam, bahkan sebelum puncak Pergeseran Kutub tiba. Alat ini juga bisa diterapkan di rumah kapal dengan menggunakan layar atau semacamnya di malam hari.
28 Agustus 2012, 'Cloud Catchers' Give Water to Peruvians (digitaljournal) : (terjemahan bebas) "Para penduduk desa telah mendirikan dua puluh buah jaring di wilayah perbukitan untuk menjebak kabut/embun. Terbuat dari bahan anyaman rapat, jaring-jaring tersebut mengumpulkan serta mengembunkan air dari kabut setetes demi setetes. Sebuah tabung plastik digunakan sebagai saluran air ke 20 buah tangki. Jaring-jaring itu dikenal sebagai "cloud catcher (penangkap awan)".  Cloud catcher yang terletak di Cerro Nueva Esperanza itu berukuran empat kali enam meter dan berkapasitas menangkap embun dari udara menjadi 90 liter air per hari."
Ini hasil luar biasa yang mereka dapat dari Cloud Catcher 
Credit : gtasoul


 Cloud Catcher.



Ini dia video-video tentang Cloud Catcher di Youtube
Chile's Fog Catchers, How do they do that?
Fog Catchers of the Atacama


Penangkap Embun Dengan Sistem Yang Lebih Kecil


Alat penangkap sekaligus penyuling air semacam itu telah lama diperkenalkan oleh tim survival Troubled Times dalam bab Passive Distillation dan topik Safe Water.

Para alien Zeta sendiri sejak awal berdirinya situs ZetaTalk berulang-ulang menyarankan manusia untuk menggunakan penyuling air sebagai satu-satunya alat pemurni air yang aman. 

Nasehat ZetaTalk 2 Sept. 2005: (terjemahan bebas) 
Telah  kami tekankan dari awal ZetaTalk perlunya menyuling air bersih untuk membersihkannya tak hanya dari kuman-kuman tapi juga polutan seperti logam-logam berat, karena pergeseran kutub akan menciptakan limbah industri dimana limbah itu disimpan dalam tangki-tangki atau dihasilkan, dan gunung-gunung meletus akan memuntahkan timbal ke air tanah karena abu vulkanik tertiup jauh dan meluas di daratan. 
(Namun) Yang paling sering, peringatan-peringatan keras kami (malahan) menghasilkan banyak sekali pembahasan tentang sistem penyaring air, seolah-oleh alat itu akan memiliki perlengkapan yang selalu tersedia. 
Menyuling air memang memakan waktu, pengoperasian dengan banyak tahapan, sehingga terasa melelahkan untuk dipikrikan. 
Namun apa yang telah terjadi di New Orleans? Air minum tiba-tiba tak tersedia.