Spesies Awal Zeta

Baca juga:
Topik Asal-Usul Makhluk

Terjemahan bebas ZetaTalk: Early Zeta, written Dec 15, 1995

Kalau Manusia Awal merupakan hibrida antara berbagai bentuk kera serta monyet dengan bentuk-bentuk hominoid (manusia) yang ada, Zeta Awal sama sekali bukan hibrida, namun suatu transplant.
Maka dari itu, Zeta Awal ditempatkan dalam keadaan dewasa sepenuhnya dan sadar di dunia-dunia Zeta. Karena ditransplantasi, Zeta Awal berkembang biak hingga pada taraf dimana dunia-dunia kami dapat menyokong suatu populasi, sebagaimana yang telah dilakukan manusia di bumi. 
Zeta Awal berbeda dari bentuk kami yang sekarang, terutama dalam ukuran otak dan kapasitas-kapasitas pikiran.
 Zeta Awal bertubuh lebih gempal, lebih pendek, dan memiliki kaki datar serta wajah beralis rendah, kepala yang menonjol ke belakang bukannya membulat. Mata kami yang besar merupakan hasil adaptasi terhadap dunia-dunia kami, yang  menurut standar Anda redup. 
Jadi Zeta Awal sedikit buta terhadap rumah barunya, tapi bukan masalah karena satu-satunya bahaya yang dihadapi Zeta Awal adalah makhluk-makhluk lain yang sejenisnya. Dunia-dunia kami tak berisi hewan-hewan buas ataupun hewan-hewan pemakan tumbuhan -- hanya ada tanaman dan serangga.