Peraturan Elemen Keraguan

Para alien Zeta menjelaskan tentang peraturan Elemen Keraguan dari Dewan yang harus dipatuhi dalam hal penampakan UFO dan alien serta alasan-alasan penegakan peraturan itu.

Terjemahan bebas dari ZetaTalk: Element of Doubt, written by Jul 15, 1995 

"Sungguh benar bahwa sesekali sebuah video atau foto menunjukkan apa yang bisa dibilang sebagai salah satu pesawat kami, namun bukti itu masih bisa menjadi perdebatan panas.
Dalam pikiran masyarakat luas, yang tak dapat membedakan antara yang palsu dengan fakta, bukti itu masih dapat diperdebatkan. Dalam pikiran para pakarnya, yang sesekali masih bisa dibodohi, bahkan sepersekian dari suatu persentase bukti masuk dalam kategori yang masih dapat diperdebatkan.
Kami memang mengijinkan ada foto-foto yang berhasil dibuat dan ada yang tidak. Laporan-laporan dari orang-orang yang kecewa karena foto-foto mereka gagal, cenderung memperkuat keraguan.
Itulah reaksi yang kami inginkan untuk efek modulasi. Jika ada banyak sekali foto  yang menantang pakar dari orang-orang yang tak berkapasitas menghasilkan foto-foto palsu berkualitas tinggi, maka kecemasan akan meningkat terlalu cepat. Foto, bahkan yang datang dari seseorang yang tak mampu membuat foto palsu berkualitas tinggi, masih bisa diperdebatkan. Orang bisa berpikiran bahwa ia kaki tangan dalam pemalsuan. Jadi semuanya masih bisa diperdebatkan.
(Jadi, sesungguhnya) Peraturannya adalah--dan akan selalu begitu nantinya--bahwa kami menjaga permasalahan (tentang alien/ufo) selalu ada dalam masyarakat dengan tingkat pembahasan yang terus meningkat, namun selalu dan selalu ada elemen keraguan.

[Tujuan Peraturan Elemen Keraguan]
Elemen Keraguan diperlukan selama Pemelekan agar populasi Anda tak merasa terancam tanpa perlu.
(Bagi sebagian orang) Pingsan, jantung berdegup, rasa semangat yang mengalihkan perhatian, perdebatan dengan teman-teman dan rekan-rekan kerja selama beberapa hari, dan minat yang bertambah terhadap topik UFO - tak ada satupun dari ini yang dianggap akan menghentikan pertujunkan acara. Kalau seluruh populasi bereaksi seperti ini, maka tak akan ada masalah. Pemelekan pun akan terjadi esoknya. 
Namun yang kami hindari adalah rasa takut yang meruntuhkan syaraf, rasa takut terhadap teman dan rekan kerja hingga tingkat yang bisa membuat orang melakukan kekerasan terhadap si pelapor penampakan, atau intensitas ketakutan dari si pengamat yang akan membuatnya condong melakukan Panggilan terhadap makhluk Pengabdi-Ego. Karena alasan itu pulalah kunjungan dari alien direkam di bawah sadar.

Note: below added during the Sep 7, 2002 Live ZetaTalk IRC Session. 

Aturan Elemen Keraguan harus ditafsirkan dari sudut pandang kepastian absolut bahwa kehadiran alien itu nyata atau tidak.
Mayoritas manusia yang menjawab polling meyakini bahwa kehadiran alien itu nyata, kehidupan cerdas di luar bumi itu mungkin, tanpa ada bukti absolut di tangan mereka. Inilah yang diinginkan oleh Pemelekan, peningkatan kenyamanan yang bertahap, tanpa ada resiko pembakaran manusia yang dihubungi alien oleh para pimpinan agama yang histeris karena kedoknya terancam dibuka. 
 ZetaTalk Accuracy dirancang untuk memungkinkan populasi mencerna kebenaran dalam pesan-pesan ZetaTalk, versus pesan-pesan para pendatang baru yang menginginkan kepopuleran dengan mengada-ada pesan dari dunia lain.
Namun hal ini masih belum membuktikan bahwa alien itu nyata, karena bisa saja Nancy (dikira orang) mendapat pesan dari pemerintah, sebagai garda depan untuk merilis informasi ini, yang mana dapat disangkal, sedangkan sumber langsung dari pemerintah tak bisa disangkal. 
Maka, Elemen Keraguan dijaga tetap ada.