Siapapun Bisa Membuat Penyuling Air Sederhana

Mandiri adalah kata kunci untuk bertahan hidup.

Apapun bencana alamnya, listrik akan dimatikan dari pusat demi keamanan. Padahal di kota-kota besar, persediaan air bersih mayoritas tergantung pada listrik. Sementara bencana-bencana alam semakin meningkat frekuensi, intensitas, dan jangkauannya. Mempersiapkan diri betul-betul dalam menghadapi masalah kelangkaan air bersih menjadi vital. (Baca: Masalah Air Bersih: Air Suling Itu Vital)

Penyebab Air Berpenyakit
Banjir, tsunami, dan gunung meletus adalah beberapa pemicu tambahan yang signifikan dalam memolusi air. Ketika banjir atau tsunami melanda, aliran-aliran air di alam, termasuk sumur dan sungai juga menjadi berpenyakit akibat terpolusi oleh berbagai macam kotoran yang dihanyutkan oleh air banjir dan air hujan. Berbagai macam polutan menjadi kandungan dalam air, seperti misalnya kotoran makhluk hidup, darah, nanah, logam-logam berat dari pabrik dan berbagai tempat usaha lainnya. Abu vulkanik juga mengeluarkan logam-logam berat seperti timbal dan fluoride yang dapat menyebar ke wilayah-wilayah yang tertiup angin abu vulkanik.  Penyakit-penyakit yang dapat menyerang akibat mengonsumsi air kotor adalah, antara lain, polio, kolera, disentri, dan hepatitis.

Air Suling Itu Vital
Maka persediaan air minum bersih menjadi vital. Sekarang bicara skenario terburuk. Yaitu ketika sumber air bersih sulit atau tak ada dan kita tak punya alat  penyuling atau penyaring (filter) air khusus. Tapi tak perlu khawatir. Kita masih bisa menyiasatinya--masih ada harapan--asalkan kita sadar betul untuk keluar dari zona nyaman--namanya juga "skenario terburuk (worst case scenario)".

Jadi begini, air sekotor apapun (kecuali berminyak atau mengandung bensin, kecuali untuk jenis penyuling tertentu) masih bisa diminum, yaitu dengan cara disuling.  
Prinsipnya, air yang diminum adalah embunnya. Caranya tak sulit sama sekali, hanya dengan peralatan sederhana. Semua orang bisa. Anda tinggal merebus air kotor, dan yang digunakan sebagai air minum/air bersih adalah embun-embun dari uap air panas yang menempel di tutup panci. Pendeknya, yang dibutuhkan hanya saringan, panci bertutup, wadah penampung air masak, dan kompor/tungku/api unggun. Air suling melenyapkan berbagai patogen penyakit dan logam berat.
Orang dapat menyuling air hanya dengan panci kecil bertutup. Memang air minum bersih/embun yang dihasilkan sangat sedikit. Tap ketika air bersih sulit, langka atau bahkan tak ada, maka air bersih yang sedikit saja dapat menyelamatkan nyawa.
Bayangkan seandainya setiap individu yang mampu, menyediakan peralatan sederhana ini di ransel/tas bugout-nya, hidup akan lebih mudah. Tak perlu perlatan yang besar. Contohnya, untuk panci rebus ini, bisa digunakan rantang bertutup atau gelas stainless bertutup atau apapun bertutup yang dapat dipakai untuk merebus air.
Berikut adalah cara-cara menyuling air mulai dari yang paling sederhana hingga yang bisa Anda modifikasi sesuai kebutuhan.

Cara-Cara Menyuling Air

Perhatian! Cara 1 dan 2 berikut tak bisa untuk menyuling air berminyak atau bercampur bensin. Pastikan, setelah panci digunakan untuk merebus, cuci sebersih-bersihnya agar tak ada residu. Jika airnya berlumpur atau mengandung kotoran padat lainnya, saring dahulu dengan kain.

Cara 1. Merebus Air  Kotor Dengan Panci Bertutup Biasa
Rebus air dalam panci tertutup. Setelah air mendidih dan embun terkumpul di langit-langit tutup panci, buka tutup panci lalu tuangkan ke wadah. Lakukan berulang-ulang. Hati-hati dengan uap panas dan tutup panci yang panas.

Cara 2. Merebus Air  Kotor Dengan Panci Bertutup Kain
Bila tak ada tutup panci, kain bersihpun jadi. Ingat, kain harus bersih. Ketika embun sudah membasahi kain, peras kain ke wadah untuk air bersih. Tapi ekstra hati-hati, kainnya panas sekali. Temukan cara untuk memerasnya dengan aman. Well, kondisi darurat adalah ibu penemuan terbaik. :) Memang ini lebih ribet, tapi bukannya tak mungkin kalau tak ada tutup panci.

Cara 3. Membuat Sendiri Penyuling Air Khusus
Foto di bawah ini adalah penyuling air sederhana yang sangat direkomendasikan: Panci Susun [Baca Cara membuatnya: Penyuling Air: Panci Susun]

Penyuling Air Panci Susun dan Wadah Penampung 



Ada banyak video youtube yang mendemonstrasikan berbagai cara menyuling air, berikut tiga di antaranya: